Kamis, 21 November 2013

Tips Bermain Gitar Bergenre Jazz

Belajar gitar bergenre jazz biasanya merupakan pengembangan dari permainan gitar rock, blues dan genre musik populer lainnya. Permainan gitar merupakan suatu bidang musik dimana harmoni dan improvisasi dapat dibawa ke tingkat yang tertinggi. Oleh karena itulah ide – ide yang Anda dapatkan dari belajar gitar jazz akan sangat membantu Anda terutama yang masih belajar di sekolah musik untuk menjadi pemain gitar profesional.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam mempelajari gitar jazz adalah belajar akord baru dengan membuat suara baru dari bentuk – bentuk akord yang umum. Cara lainnya adalah dengan mempelajari kosakata jazz beserta teknik – teknik para musisi jazz. Meskipun banyak ahli yang menyarankan agar Anda memiliki style sendiri akan tetapi belajar musik dari seorang gitaris ternama yang bermain di jazz adalah cara yang sangat baik untuk memulai dengan style Anda sendiri terutama jika saat ini Anda masih mengikuti Kursus Musik.

Ketika tiba saatnya bagi Anda untuk berimprovisasi dan bermain solo jazz, maka teknik yang harus dipelajari adalah fokus pada mode, scale, melodi dan progresi akord. Jika Anda ingin belajar bagaimana menjadi gitaris jazz yang baik. Anda tidak cukup hanya dengan berbekal beberapa pengetahuan tentang bagaimana bermain gitar yang baik. Anda sebaiknya juga belajar untuk mendengarkan dan bermain dalam batas – batas Anda sendiri. Selain mempelajari scale dan dasar – dasar lainnya, Anda juga harus fokus pada lagu yang bisa digunakan untuk bahan belajar. Pemilihan lagu akan mencerminkan karakter musik yang ingin Anda pertahankan dan upayakan untuk membangun sebuah repertoar lagu yang selalu ingin Anda mainkan.

Jika dibandingkan dengan genre musik yang lain musik jazz membutuhkan banyak ketrampilan dan pengetahuan tentang teori musik. Selain menguasai scale yang cukup rumit dan progresi akord dalam musik jazz Anda juga harus mempelajarinya dengan berimprovisasi secara langsung.

Anda juga bisa belajar jazz dengan menonton dan mendengarkan permainan gitaris- gitaris hebat dunia. Dengan menonton video permainan gitar akan sangat membantu Anda dalam mempelajari beberapa teknik permainan gitar jazz dengan tonal dan jari. Anda juga melatih improvisasi vokal dengan cara merekam kemajuan permainan gitar jazz Anda. Dari situlah Anda akan termotivasi lebih lanjut jika Anda melihat kemajuan yang telah Anda raih.

Salah satu hal yang penting untuk Anda pahami dalam mempelajari gitar jazz adalah akord gitar dasar dan formasi akord yang akan membuat suara musik menjadi lebih jazzy dan scale yang berbeda digunakan dalam genre musik ini. Akord gitar dasar yang digunakan dalam musik jazz adalah Mayor tujuh, Mayor enam, dan Mayor 6-9. Akan tetapi Anda juga harus belajar lebih dari satu scale untuk berimprovisasi dengan lebih baik. Dengan mempergunakan arpeggio untuk improvisasi di musik jazz juga dapat membantu dalam permainan solo sehingga permainan akan terdengar lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar