Minggu, 03 November 2013

Manfaat Belajar Musik Piano

Belajar musik seringkali hanya dianggap sebagai penyalur hobby dan sarana mengekspresikan perasaan seseorang saja, padahal di balik itu ada banyak sekali manfaat yang bisa diambil dengan mempelajari alat musik, apalagi jika dilakukan sejak dini. Itulah mengapa banyak ahli yang menyarankan untuk memperdengarkan musik pada bayi sejak bayi masih berada dalam kandungan. Karena hanya dengan mendengarkan musik saja bisa membantu menstimulasi kerja otak, sehingga anak bisa menjadi cerdas.

Belajar Musik Piano
Jika dengan hanya mendengarkan musik saja sudah memberikan manfaat yang positif apalagi jika Anda mengajarkan permainan alat musik pada anak sejak kecil, ada banyak sekali pilihan alat musik yang bisa diajarkan pada anak, salah satunya adalah alat musik piano. Kursus musik piano di sekolah musik bisa menjadi pilihan yang tepat agar anak memperoleh ketrampilan bermain piano secara baik dan benar. Walaupun hal itu bukan berarti seorang anak harus bisa memainkan alat musik dengan sempurna, akan tetapi yang terpenting adalah bisa menggali kemampuan terpendam sang anak.

Belajar alat musik piano memberikan banyak manfaat pada anak antara lain adalah melatih konsentrasi, koordinasi jari – jemari , kedisiplinan dan kepercayaan diri. Konsentrasi sangat dibutuhkan dalam bermain piano, pada saat anak belajar piano dan mempelajari sebuah lagu yang akan dimainkannya ia diharuskan untuk membaca not-not pada buku not balok. Kemudian ia juga harus mempergunakan kedua pendengarannya dan mempergunakan lengan, tangan, kaki, dan keseluruhan jari-jemarinya untuk memainkan piano. Semua kegiatan tersebut berlangsung dalam waktu yang bersamaan.

Aspek koordinasi antara pikiran dan otot juga memiliki peranan yang sangat penting. Ada suatu koordinasi yang baik antara mata, tangan bahkan kaki dalam memainkan piano yang tentu semua ini hanya bisa terlaksana jika terkoordinasi dengan baik karena kedua sisi otak anak dipergunakan bersama-sama dalam waktu yang bersamaan.

Maka tidak heran jika banyak penelitian menemukan fakta adanya hubungan antara bermain musik dengan kemampuan anak dalam menyerap mata pelajaran di sekolah, anak -anak yang memiliki kemampuan musikal terlihat lebih unggul dalam pelajaran dibanding dengan anak lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar