Senin, 18 November 2013

Mengenal Terapi Musik

Terapi Musik
Bagi Anda yang saat ini tengah belajar alat musik di Sekolah Musik, tahukah Anda bahwa ternyata selain bisa digunakan untuk menyalurkan hobi, musik bisa digunakan sebagai terapi. Apakah yang dimaksud dengan terapi musik ? Terapi Musik adalah suatu usaha untuk meningkatkan kualitas fisik dan mental dengan mempergunakan rangsangan suara yang terdiri dari ritme, melodi, harmoni, timbre, bentuk dan gaya yang diorganisir sedemikian rupa sehingga menciptakan musik yang mampu memberikan manfaat pada kesehatan fisik dan mental.

Musik mempunyai kekuatan untuk mengobati penyakit serta meningkatkan kemampuan berpikir seseorang. Pada saat musik diterapkan sebagai sebuah terapi, musik bisa meningkatkan, memulihkan dan memelihara kesehatan fisik, mental, sosial, emosional dan spritual seseorang.

Dalam dunia penyembuhan dengan musik, dikenal dua macam terapi musik, yaitu:

1. Terapi Musik Aktif.

Dalam terapi musik aktif, para pasien diajak untuk bernyanyi, belajar memainkan alat musik, menirukan berbagai nada,dan membuat lagu singkat. Dengan kata lain para pasien berinteraksi secara aktif dengan dunia musik. Untuk melakukan terapi musik aktif dibutuhkan bimbingan seorang pakar terapi musik yang kompeten pada bidangnya.

2.Terapi Musik Pasif.

Terapi musik pasif merupakan terapi musik yang murah, mudah dan efektif. Pasien hanya tinggal mendengarkan dan menghayati alunan musik tertentu sesuai dengan masalahnya.Hal terpenting dalam Terapi Musik Pasif adalah pemilihan jenis musik harus tepat dengan kebutuhan pasien. Terapi musik pasif banyak di terapkan di rumah sakit diluar negeri dengan memperdengarkan lagu-lagu indah untuk membantu penyembuhan para pasiennya.

Apakah semua jenis musik bisa dijadikan sebagai terapi? Pada dasarnya hampir semua jenis musik bisa digunakan untuk terapi musik. Akan tetapi kita harus mengetahui pengaruh setiap jenis musik terhadap pikiran. Karena setiap nada, melodi, harmoni, ritme, timbre, bentuk dan gaya musik akan memberikan pengaruh yang berbeda pada pikiran dan tubuh kita. Dalam terapi musik, komposisi musik harus disesuaikan dengan masalah atau tujuan yang hendak dicapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar