Rabu, 09 Oktober 2013

Belajar Musik Gitar Untuk Anak

Belajar musik sangat besar manfaatnya bagi anak, maka tidak heran jika para orangtua mulai mengenalkan musik kepada anak sejak dini, baik itu dengan mengajarkan anak menyanyikan lagu maupun memainkan alat musik. Sekolah musik lebih banyak menjadi pilihan para orang tua agar anak bisa belajar musik secara lebih baik dan terstruktur dengan metode pembelajaran yang menyenangkan.

Beberapa manfaat belajar alat musik di Sekolah Musik bagi bagi anak adalah :
Melatih Konsentrasi : Belajar musik bisa meningkatkan konsentrasi serta fokus pada anak. Dengan berlatih melihat notasi musik dan tanda musik sambil memainkannya dibutuhkan fokus dan konsentrasi yang baik. Latihan konsentrasi dan fokus tersebut akan sangat bermanfaat pada saat anak belajar di sekolah. Pada umumnya anak yang baik dalam bermain musik, memiliki nilai akademis yang lebih baik.

Membuat Anak Cerdas : Berdasarkan penelitian di Universitas Toronto, anak yang mempelajari alat musik cenderung mempunyai IQ lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang tidak belajar musik. Dengan belajar musik, keseimbangan otak kiri dan kanan bisa terbangun dengan baik.

Meningkatkan Musikalitas Anak : Kemampuan anak dalam mengenali bunyi, suara dan nada akan semakin meningkat. Kesadaran akan ketukan, ritme, nada dan gerakan anak terstimulasi dengan belajar musik. Pada akhirnya, anak akan lebih peka terhadap bunyi dan musik. Anak yang mempunyai talenta musik biasanya mampu menyerap pelajaran musik dengan lebih baik.

Salah satu alat musik yang paling banyak di pelajari di sekolah musik adalah gitar. Di Indonesia terdapat beberapa sekolah musik yang menawarkan Kursus Musik Gitar, salah satunya adalah Sekolah Musik Yamaha, selain populer sebagai distributor alat musik, Yamaha juga terkenal memiliki banyak cabang sekolah musik diseluruh Indonesia .

Kursus Musik Gitar di sekolah musik Yamaha diperuntukkan bagi anak yang berusia 6 hinga 11 tahun. Dengan masa belajar selama 3 tahun - 4 tahun, format belajar yang digunakan adalah Group Lesson/kelompok s/d 8 orang atau Private Lesson, waktu belajar untuk Group Lesson 1 x 60 menit/minggu, 4x/bulan sedangkan untuk private lesson 1 x 30 menit/minggu, 4x/bulan.

Di sekolah musik ini anak-anak diperkenalkan dengan ketukan nada-nada tunggal dan juga akord-akord. Selain diajarkan bermain alat musik gitar secara solo, mereka juga diajarkan untuk bermain duet, trio dan/atau ensemble gitar, selain itu mereka juga diajarkan untuk menyanyikan melodi lagu, sambil memainkan iringannya pada alat musik gitar. Untuk memudahkan anak dalam mempelajari alat musik Gitar, di dalam kelas anak-anak dilatih dengan menggunakan gitar Yamaha tipe CS-40 yang ukurannya ¾ dari ukuran standar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar