Senin, 17 Februari 2014

Ireng Maulana Musisi Jazz Senior Indonesia

Memiliki keluarga yang berkecimpung di dunia musik memang tentunya menjadikan kita juga ingin belajar musik dan berkecimpung di bidang yang sama. Banyak penyanyi dan pemusik muda tanah air saat ini merupakan anak dari para musisi senior tanah air. Dan para musisi senior pun tak sedikit yang merupakan anak dari para musisi legendaris dulu, sebut saja Ireng Maulana musisi senior yang memang dibesarkan di tengah keluarga yang menggeluti dunia musik dan keluarganya terfokus pada musik jazz. Terlebih kakak kandungnya Kiboud Maulana yang tak lain seorang gitaris jazz blues kenamaan tanah air, lalu juga darah jazz nya mengalir dari pamannya Tjok Sinsoe yang merupakan penata musik dan pemain jazz tanah air yang sangat terkenal di era '40-an.

Meskipun mendalami musik tanpa masuk sekolah musik. Namun, bakatnya di bidang musik merupakan turun temurun dari keluarganya, hingga kini nama Ireng Maulana terkenal sebagai pemusik jazz kenamaan terbaik di Indonesia. Namun pada tahun '60-an sebelum Ireng mulai menunjukan penampilan profesionalnya dan bergabung dengan grup musik musisi kenamaan tanah air lainnya, ternyata ingin memperdalam permainan gitarnya.

Pada saat itu Ireng belajar di City Line Guitar Centre di Amerika, di sana ia belajar memainkan alat musik gitar klasik, dan dilanjutkan mempelajari musik di Konijnklijk Conservatorium, Den Haag, Belanda. Sementara, Ia mendalami musik jazz justru pada saat Ia bergabung dengan grup musik Mualim. Tak hanya melebarkan sayap di Indonesia Ia pun telah melanglangbuana di kancah internasional lewat festival-festival jazz internasional. Ia pun pelopor yang menyelenggarakan Jakarta Jazz Festival bersama sebuah lembaga, di mana festival ini juga hingga saat ini merupakan acara jazz rutin tahunan yang selalu digelar dan banyak dinantikan masyarakat penikmat musik, terutama penikmat musik jazz.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar